Batik Untuk Dekorasi Rumah Minimalis

Yuk Pakai Batik untuk Dekorasi Rumah Minimalis

Siapa bilang konsep desain pada rumah minimalis yang modern tidak bisa berpadu dengan nuansa etnik tradisional Indonesia?. Caranya mudah! Cukup gunakan batik untuk dekorasi rumah minimalis tersebut. Sejak ditetapkan sebagai World Heritage pada tahun 2009 oleh Unesco, batik kian diminati untuk digunakan untuk mewarna kehidupan sehari-hari, termasuk sebagai elemen dekorasi. Batik tak lagi dianggap ketinggalan zaman dan bertranformasi sebagai sesuatu yang modern, elegan, dan antik.

1. Wallpaper dan Lantai

batik untuk dekorasi rumah 1
Menggunakan batik untuk dekorasi rumah kini semakin ngtren dan digemari. Motif yang paling sering diadaptasi adalah jenis batik kawung dari Yogyakarta namun dengan sentuhan modifikasi pada warna. Selain dijadikan motif wallpaper, ternyata sudah ada juga produsen lantai yang mengadaptasi motif kawung sebagai corak dari keramiknya. Tidak hanya untuk rumah, tapi tempat-tempat umum seperti hotel dan restoran pun banyak yang menggunakan aksen kawung sebagai elemen dekorasinya.

2. Headboard

batik untuk dekorasi rumah 2
Memilih batik untuk dekorasi rumah minimalis ternyata sangat simpel, salah satunya adalah menggunakannya sebagai headboard. Jika memiliki batik yang belum dijahit, bentangkan kain tersebut di dinding dan tempel menggunakan paku atau media lain untuk menggantungkannya. Kita juga bisa menggantungkan kain batik tersebut di tempat lain yang diinginkan.

3. Hiasan Dinding

batik untuk dekorasi rumah 3
Dinding berwarna polos di rumah dapat disulap menjadi lebih cantik dengan berbagai macam hiasan dinding yang terbuat dari motif batik. Ketika selesai membuat pakaian, jangan buang sisa percanya, apalagi jika batik tersebut berbahan bagus dan merupakan batik tulis. Kumpulkan perca yang tampak masih baik serta motifnya menarik lalu tempelkan dan tempatkan dalam pigura minimalis. Selain hiasan praktis tersebut, kita juga dapat meminta bantuan pengrajin atau tukang untuk menransfer motif batik kesukaan ke atas hiasan yang terbuat dari kayu.

4. Perabot Kayu

batik untuk dekorasi rumah 4
Tidak hanya dalam bentuk kain, motif batiknya juga dapat dituangkan sebagai corak permukaan berbagai macam furnitur yang umumnya berbahan kayu. Perabot kayu yang biasanya memiliki corak etnik ini adalah lemari, meja, hingga kursi. Perabot-perabot tersebut bisa dijadikan pilihan yang pas untuk mempercantik rumah bergaya tradisional khas Indonesia.

5. Cushion dan Jok Sofa

batik untuk dekorasi rumah 5
Inspirasi batik untuk dekorasi rumah yang terakhir, adalah sebagai bantal sofa (cushion) dan cover jok sofa. Sesuaikan warna dan motif batik dengan konsep ruang tamu serta furnitur yang digunakan agar tampak serasi dan elegan. Beberapa bentuk motif yang kerap digunakan sebagai pemanis ruang tamu adalah megamendung khas Cirebon dan motif klasik seperti ukel.